Senin, 31 Mei 2010

Sinar Matahari Bikin Awet Muda

SEBUAH penelitian terbaru menyatakan bahwa wanita yang lebih banyak meluangkan waktu untuk merasakan sinar matahari, kemungkinan secara biologi terlihat lebih muda dan lebih lambat proses penuaan pada kulitnya.
Seperti dilansir Foxnews, Minggu (10/11/2007) kemarin, sebuah penelitian yang dilakukan King's College London telah menghasilkan penemuan baru bahwa wanita yang memiliki kandungan vitamin D tinggi karena diperoleh dengan bantuan sinar matahari. Dari makanan dan nutrisi suplemen yang didapat, secara bilogis akan membantu wanita jadi lebih terlihat muda dan lebih sehat dibanding yang lainnya.

Penelitian yang dipimpin oleh Brent Richards mengatakan bahwa studi yang menggunakan responden sebanyak 2.160 wanita yang berusia antara 18-79 tahun juga telah memperlihatkan bahwa orang yang jarang terkena sinar matahari berpeluang lebih besar terkena serangan jantung.

"Hasil ini sangat mengesankan karena mereka (responden-red) telah memperlihatkan orang yang memiliki kandungan vitamin D tertinggi terlihat lebih lambat dalam penuaan dibanding yang memiliki kadar Vitamin D rendah," ujar Richards.

"Hal ini mungkin akan membantu menjelaskan bagaimana pengaruh vitamin D dengan berbagai penyakit yang berhubungan seperti penyakit jantung dan kanker," tambah Richards.

Tetapi co-author Tim Spector mengatakan, bahwa orang yang merasakan terik matahari sepanjang hari akan sehat.

"Meskipun terdengar samar, terkena sinar matahari yang berlebihan juga dapat menyebabkan penyakit kanker kulit." ujar Spector.

Hasil penelitian ini juga menghubungkan tingginya konsentrasi serum vitamin D berkorelasi dengan lengan telomer leukosit pada wanita. Dalam studi ini, peneliti mengukur telomere wanita yang berhubungan dengan usia secara biologi. Secara ilmiah wanita yang memiliki kandungan vitamin D tinggi ditandai dengan memiliki telomer yang lebih panjang.

Hasil studi ini telah dipublikasikan pada edisi terakhir dari American Journal of Clinical Nutrition. Meskipun belum 100% terbukti nyata, namun penemuan ini diyakini akan membantu menjawab rahasia vitamin D selama ini.
sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2007/11/12/27/60176/27/sinar-matahari-bikin-awet-muda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar