Senin, 31 Mei 2010

Bawang Cegah Penyakit Jantung

BARU-baru ini sebuah penelitian menyatakan bawang dapat mengurangi penyakit jantung. Penelitian yang dilakukan oleh tim Institute of Food Research telah menemukan satu senyawa penting dalam bawang yang dapat meningkatkan antibodi tubuh. Senyawa itu adalah quercetin. Zat tersebut juga dapat ditemukan pada daun teh, apel, dan anggur merah.
Seperti dilansir BBC, Minggu (4/11/2007), studi Atherosclerosis telah menemukan efek dari senyawa yang memproduksi quercetin terhadap tubuh. Bawang ternyata membantu mencegah peradangan kronik yang disebabkan karena menyempitnya pembuluh arteri.

Penelitian tersebut dipimpin oleh Dr Paul Kroon dari Institute of Food Research. Dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa quercetin merupakan senyawa penting yang mempercepat metabolisme intestine dan liver. Dan senyawa tersebut tidak terdapat dalam darah.

"Kami telah mengetes zat tersebut dan memasukannya ke darah. Hasilnya, zat tersebut sangat berpengaruh terhadap kesehatan pembuluh arteri," ujar Dr Paul Kroon.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa orang yang jarang mengkonsumsi bawang akan lebih berpeluang terkena serangan jantung dari pada yang mengkonsumsi 100 hingga 200 gram setiap hari.

Penemuan tersebut juga didukung oleh Bridget Aisbitt, seorang ahli nutrisi di British Nutrition Foundation.

"Di Inggris Raya kami hanya mengkonsumsi rata-rata dua porsi buah dan sayuran setiap hari. Dan penelitian ini sangat penting bagi kita untuk mengkonsumsi lebih dari lima kali setiap hari untuk menjaga kesehatan kita," ujar Aisbitt.

sumber : http://lifestyle.okezone.com/read/2007/11/05/27/58552/27/bawang-cegah-penyakit-jantung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar