Senin, 04 Januari 2010

jurus ampuh promosi di internet

Promosi/periklanan bisnis offline di dunia maya sekarang sudah banyak diminati oleh para pengusaha baik kelas kecil maupun besar. Hal ini dikarenakan banyaknya pengguna internet yang banyak, yang dimanfaatkan oleh para pengusaha utntuk mempromosikan produknya di dunia maya.
Pada kali ini saya akan membahas bagaimana cara dan strategi beriklan dan berromosi di internet. Karena kunci sukses bisnis adalah pemsarannya yang bagus, yang tentunya didukung oleh strategi promosi yang baik, dan saya anggap internet merupakan alat promosi yang kuat.

Strategi promosi di internet merupakan proses 5 tahap, yang dikenal dengan 5 M, yang terdiri :

1. Penetapan tujuan (Mission),
Sebuah promosi atau iklan secara umum memiliki tujuan yaitu memberikan informasi tentang produk / jasa yang kita tawarkan yang dibahasakan secara persuasive sehingga menarik perhatian para konsumen. Setelah itu kita tentukan kelompok - kelompok konsumen , yang sekiranya menjadi konsumen terbesar perusahaan kita.

2. Keputusan tentang anggaran (Money),
Keefektifitasan sebuah anggaran promosi, bisa kita lihat dengan seberapa banyak konsumen yang memutuskan untuk memakai barang kita lewat iklan yang sudah kita tawarkan. Anggaran iklan sebaiknya berbanding lurus dengan berapa banyak konsumen yang kita taregetkan

3. Keputusan pesan (Message),
Kita harus memutuskan apakah bentuk iklan kita berupa tulisan, gambar, video, atau animasi. Karena hal ini merupakan point penting keberhasilan sebuah iklan. Setelah itu kita tentukan gaya iklan tersebut apakah dengan :
a. pendekatan fakta , iklan ini mengedepankan manfaat nyata yang diperoleh setelah konsumen menggunakan kita ex: kita menampilkan testimony pelanggan kita yang merasakan banyak manfaat setelah menggunakan produk/jasa kita.
b. pendekatan persuasif , iklan ini menunjukkan keunggulan produk kita, dengan menampilkan gambar / animasi yang menarik secara visual ex: iklan shampoo yang menampilkan seorang wanita yang mempunyai rambut panjang yang halus, dan berkilau setelah memakai sahmpo tersebut.

4. Penetapan media (Media),
Di internet kita bisa menggunakan beberapa jalur media , yang bisa kita gunakan untuk beriklan.
Kita bisa memilih :
a. Menggunakan media iklan baris
b. Menggunakan media banner yang di pasangkan di situs – situs
c. Media Iklan Pop up ex: bila kita membuka sebuah situs , kadang kadang browser kita membuka satu lagi situs tanpa kita ketahui,
d. Menggunakan web/blog sebagai toko online, yang bisa anda pesan disitus ini

5. Evaluasi mengenai promosi secara keseluruhan (Measurment),
Setelah point 1 s/d 4 di atas sudah anda jalankan. Setidaknya perlu evaluasi apakah sudah berjalan dengan maksimal, atau perlu pembenahan. Karena iklan/promosi yang baik itu , adalah iklan yang inovatif yang selalu update dan menampilkan sisi – sisi lain dari keunggulan dari suatu produk
Perusahaan – perusahaan top dunia seperti Microsoft, Honda , Sony dll, mencapai kesuksesannya tentu saja dengan promosi dan iklan yang powerfull dan didukung produk – produk yang inovatif. Dari perusahaan – perusahaan yang sukses tersebut semuanya memiliki situs sendiri sebagai toko online, yang ternyata memberikan pemasukan yang sangat besar yang mendukung keberhasilan perusahaan tersebut.

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3048336 ,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar